Free Download Blogger Template High CTR AdSense

Cara Research Keyword - Old Method But Still Powerfull ( Part 1 )




Tidak ada yg spesial dari cara ane research keyword (khususnya di service yg ane buka di thread service). semuanya menggunakan tools. lalu kenapa masih banyak yg menggunakan jasa research keyword seperti ini ? alasan paling mendasar adalah untuk menghemat waktu, jadi tugas agan tinggal onpage dan offpage aja...

Ada 2 Proses dalam melakukan research Keyword :

1. Scraping Keyword

Proses ini ane akan mencari keyword yg related dengan niche yg diinginkan (misal : niche "living room"). untuk melakukan scrape ada banyak tools yang digunakan, mulai dari cara manual menggunakan Google Keyword Planner, Ubersuggest, dan tools2 seperti MNF, Long Tail Pro, Market samurai, dan yang paling ane suka dan ane pake ada SEMRush...

dalam proses ini akan didapat kw yang relevan dengan niche yg diinginkan (misal : living room), Hasilnya seperti :

- elegant living room sets
- living room furniture sets under 500
- purple living room ideas
- table lamps for living room
- wallpaper for living room
- paint ideas for living room

semua hasil Scrape KW dikumpulkan untuk kemudian akan dilanjutkan ke proses selanjutnya yaitu Analisa Keyword.

2. Analisa Keyword

Tahap selanjutnya, semua Kw yang didapat dalam proses/tahap scraping akan dianalisa lebih lanjut untuk melihat apakah keyword tersebut profitable atau tidak. ada 2 parameter yang akan didapatkan dalam Analisa Keyword :

Keyword Competitor : semua faktor berdasarkan index user yang menggunakan. beberapa parameter yang sering dilihat dalam keyword competitor adalah : Allintitle, Allinurl, Allinanchor, relevant page. ane pribadi menggunakan SOC (MNF) untuk melihat secara keseluruhan semua faktor Keyword Competitor. SOC di hitung berdasarkan kalkulasi antara Allintitle, allinurl, dan Allinanchor.

Web Page Competitor : Bagian kedua adalah menganalisa TOP 10 website yang menempati halaman pertama. karena inilah kompetisi agan yang sebenarnya, Parameter yang sering dilihat dari web page kompetitor adalah PR, DA, PA, Backlink, Link Juice, Domain Aged, TF, Social Factor. Untuk mempermudah melihat web kompetitor ini, ane lebih suka menggunakan matric KC dalam Long Tail Pro. matric KC di dapat bedasarkan kalkulasi nilai PA, Link Juice, Domain Aged dan Keterkaitannya dengan Title website yang berada di halaman pertama google.


Thats It.. Hanya seperti itu cara simple ane research keyword.

Apakah semua parameter/matrik dari setiap software bisa dipercaya gan ?? jawabnya Tentu saja TIDAK.
But,, Agan ga perlu mikir apakah matrik tersebut valid atau tidak, bagaimana cara software2 tersebut menentukan LOW atau HIGH sebuah Keyword. matrik2 tersebut hanyalah indikator untuk ane menentukan sebuah keyword Low atau High kompetisi berdasarkan POLAnya masing2. contohnya :

keyword dengan Allintitle < 1000 , atau SOC < 30 atau KC < 30 biasanya selalu tergolong Low kompetisi. tidak selamanya Low kompetisi, tetapi selama ane menganalisa keyword sejak 2010 sampai saat ini, sudah ada ribuan KW yg ane lihat dan analisa, akan selalu menunjukan 80%-90% keyword tersebut low kompetisi.


Cara diatas adalah dasar dari cara ane melakukan research keyword sederhana berdasarkan tools. tapi kali ini ane mau bahas tentang OLD Method Dalam melakukan Research Keyword khususnya untuk Build Web Baru. Pertanyaan yang sering sekali ditanyakan ke saya adalah "gan Niche apa yang paling profitable""gan ane mau build blog baru, enaknya maen di niche apa ?"

untuk itu ane bahas lagi metode lama tersebut untuk temen2 yg kesulitan mencari keyword atau memilih niche yg mau diambil. ane bahas di post selanjutnya.........